6 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Oatmeal

Ternyata ada begitu banyak penelitian yang mengungkap mengenai manfaat oatmeal untuk kesehatan. Makanan ini memiliki kandungan vitamin, mineral, dan lipid, yang dibutuhkan tubuh.

Di Amerika Serikat (AS), oatmeal menepati posisi keempat dari daftar 70 makanan dan minuman tersehat yang disusun dari survei Decision Analyst. Makanan lembut yang biasa menjadi menu sarapan ini memiliki begitu banyak nilai nutrisi berharga bagi kesehatan manusia. Berikut ini rangkuman dari manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh:

1. Mendorong energi

oatmel
Oatmeal masuk dalam kategori makanan sumber karbohidrat dan protein yang mampu mendorong energi serta menambah kalori tubuh. Sebuah penelitian di tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkap, mengkonsumsi makanan dengan kadar glikemik rendah, seperti oatmeal, tiga jam sebelum berlari akan membantu memberikan ketahanan tubuh yang lebih baik ketimbang makanan dengan kadar glikemik tinggi.

Pakar naturopati asal AS, Dr Matthew Brennecke mengatakan, karbohidrat kompleks yang lama dicerna akan memberi energi pada tubuh yang sesuai dan dibutuhkan saat berlatih fisik. Dr Brennecke menyarankan padanan karbohidrat kompleks dengan protein sebelum berlatih fisik untuk membantu tubuh membangun otot sekaligus membantu penyembuhan otot.

2. Menjaga kesehatan kulit

Oatmeal kerap digunakan dalam produk-produk kecantikan karena kemampuannya memberi kenyamanan pada kulit yang iritasi sembari menyisipkan beragam nutrisi pada kulit. Oatmeal diketahui mampu menormalkan pH kulit, demikian diklaim oleh American Academy of Dermatology. Ini pula alasan sebagian orang kerap mandi berendam menggunakan oatmeal. Selain meredakan kulit yang mudah gatal, juga bisa membantu melembapkan sekaligus melembutkan kulit.

Kemampuan-kemampuan yang disebutkan di atas terwujud berkat kandungan kanji dan beta-glucan. Kandungan lain pada oatmeal yang bermanfaat untuk kulit adalah tembaga, zat besi, selenium, thiamin, dan niasin yang penting untuk kesehatan kulit.

3. Menurunkan berat badan

Makanan ini membantu menekan rasa lapar, yang bila dimanfaatkan dengan benar, bisa membantu menyukseskan program penurunan berat badan. Hormon dalam tubuh yang mampu melawan rasa lapar, Cholescystokinin, akan meningkat seiring tubuh mengasup beta-glucan dari oatmeal. Oatmeal juga kaya akan serat larut, yang membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, sebab butuh waktu lama untuk dicerna tubuh.

4. Mencegah diabetes

Indeks glikemik rendah dari oatmeal sangat baik untuk mengurangi risiko diabetes. Karena lama dicerna, maka hal ini akan memengaruhi level gula darah, hal ini akan berdampak positif pada sensitivitas insulin. Studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2006 mengungkap, pola makan dengan respons glikemik rendah erat kaitannya dengan resistensi insulin rendah, serta menurunkan prevalensi diabetes tipe 2.

5. Memelihara kesehatan jantung

Makanan yang kaya gandum utuh dan kaya serat kerap dikaitkan dengan kesehatan jantung. Oatmeal mengandung kalsium dan potasium, yang menurut Dr Brennecke, membantu mengurangi tekanan darah. Rutin mengkonsumsi oatmeal sehari-hari bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

6. Mengurangi risiko kanker usus besar

Pola makan yang mengandung banyak serat sangat baik untuk mengurangi kanker usus besar. Serat larut dan yang tak larut akan membantu mempercepat alur pelepasan dari usus besar. Dijelaskan Dr Brennecke, serat larut akan terurai dalam air, hal ini akan membutuhkan waktu untuk dicerna, memperlama tubuh merasa kenyang. Sementara serat yang tak larut memiliki efek laksatif, mempercepat proses pelepasan dalam pencernaan dan mencegah sembelit. Tipe serat tak larut ini menarik air dan akan lancar dalam proses cerna. Hal inilah yang membantu kesehatan usus besar. Studi di tahun 2011 mengenai pencernaan mengungkap, asupan serat yang banyak memiliki kaitan dengan penurunan risiko kanker usus besar.
0 Komentar untuk "6 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Oatmeal"

 
Copyright © 2014 Ordein Java - All Rights Reserved
Template By Catatan Info